Senin, 10 Maret 2014

Akibat Jarang Minum Air Putih


Hayoo siapa yang jarang atau malas minum air putih? Atau minum kalau lagi haus aja? Hati-hati Sob, kebiasaan ini enggak hanya mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh, namun mendekatkan pula dengan risiko penyakit.

Sebelunya, gue pernah posting Dahsyatnya Minum Air Putih. Nah, itu kan dampak positifnya, sekarang gue mau mengulas sedikit dampak buruknya. Kalau ada dampak positifnya, pasti ada dampak buruknya juga dong? kayak surga dan keraka, air dan api,  iya enggak?

Air merupakan komponen terbesar yang dibutuhkan dalam tubuh manusia, tapi banyak yang mengabaikannya dengan malas minum air putih. Meski kebutuhan air tiap orang berbeda usahakan tubuh untuk mendapatkan pasokan air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) untuk orang dewasa. Intinya kalau kita kekurangan asupan air dalam tubuh kita, maka kita rentan terkena dehidrasi.
Berikut ini adalah akibat akibat dari orang yang malas minum air putih seperti :

1. Membuat sel-sel otak menjadi tidak aktif
Ketika kekurangan pasokan air tubuh akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut.

2. Mengganggu fungsi ginjal
Kurang minum air putih bisa mengganggu fungsi ginjal karenanya air penting untuk mencegah batu ginjal. Dengan cukup air maka komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah larut dengan buang air kecil.

3. Membuat kulit menjadi kusam
Kulit jadi kusam karena kurang minum membuat aliran darah kapiler di kulit juga tidak maksimal.

4. Menyebabkan infeksi kandung kemih
Perempuan harus lebih banyak mengonsumsi air karena panjang saluran kemihnya lebih pendek dibanding laki-laki. Banyak minum air akan membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

5. Menurunkan konsentrasi
Otak memiliki komposisi yang terdiri dari cairan, kalau otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup, maka akan mengganggu fungsi kongnitif (kepandaian). Otak yang enggak dapat menjalankan fungsi kognitif akan membuat seseorang menjadi gampang lupa, tidak konsentrasi, hingga lemot.

6. Menyebabkan halusinasi bahkan kematian
Dehidrasi yang dialami tubuh bisa menyebabkan gejala mulai dari yang ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian.


Nah! Udah pada tau kan akibatnya kalau tubuh kita kekurangan pasokan air? Oleh karena itu, mari kita kenalkan sejak dini manfaat dan akibat malas minum air putih untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita, serta tubuh kita menjadi lebih fit dan terhindar dari marabahaya penyakit. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, lhoo! :)

Tidak ada komentar: