Minggu, 09 Maret 2014

Dahsyatnya Minum Air Putih


Sebenarnya air bening atau air mineral, bukan air putih, kalau air putih itu bisa saja susu sapi. Yasudahlah. Disini gue mau mengulas sidikit tentang manfaat minum air putih dan gue punya kabar baik bagi Anda penggemar minum air putih, karena gemar minum air putih banyak membawa banyak manfaat bagi tubuh kita. Apa saja manfaatnya? Silahkan disimak secara saksama.


Minum adalah salah satu kebutuhan paling vital bagi makhluk hidup, khususnya manusia. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan, artinya tubuh kita tidak akan bisa bekerja secara normal bila pasokan air berkurang. Fungsi air dalam tubuh adalah untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, mengeluarkan sisa metabolisme dan mempertahankan suhu tubuh. Itulah mengapa manusia dapat lebih bertahan hidup jika tidak ada asupan makanan tetapi tidak apabila kekurangan air. Tubuh yang kekurangan air ditandai dengan rasa haus, atau jika sangat berlebihan maka anda akan merasakan dehidrasi yang akan mengakibatkan beberapa gangguan dari rasa lesu, lemas, atau tidak bersemangat.


Meskipun hanya sekedar minum air putih, tetapi manfaat yang ada dari mengkonsumsi air putih secara cukup, yaitu 8- 10 gelas (2 liter) setiap hari, ternyata membawa banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi air putih yang dikutip dari berbagai sumber :



1. Menyegarkan Kulit
Saat kekurangan cairan, maka secara otomatis tubuh anda akan menyerap kandungan air yang ada di kulit, dan ini akan menyebabkan kulit kering dan kusam.

2. Menyehatkan Jantung
Air putih juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran nafas, usus, dan penyakit kewanitaan.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan
Minum air putih yang cukup membuat tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit pencernaan seperti maag atau sembelit, selain itu pembakaran kalori juga akan lebih maksimal.

4. Anti-penuaan
Air adalah obat terbaik untuk menjaga penampilan kulit tetap muda. Ini membantu melembabkan kulit, menjaga elastisitas dan mencegah keriput. Air juga menjaga kulit tetap bersinar dan cantik.

5. Mengurangi Jerawat 
Rendam kain dalam air hangat lalu taruh di wajah. Ini akan membantu membuka pori-pori kulit dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori pada wajah.

6. Membuat Bibir Semakin Indah 
Minum cukup air adalah metode terbaik untuk menjaga bibir tetap terlihat lembut dan indah. Air bertindak sebagai pelembab alami bibir dan mencegah dari kekeringan yang menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. 

7. Mencegah Batu Ginjal 
Batu ginjal disebabkan oleh garam, dan garam itu menurut teori larut dalam air. Dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, maka batu ginjal akan larut dan ikut keluar dengan air.

8. Mengeluarkan Racun Dari Tubuh 
Dengan meminum air putih sesuai takaran perhari, maka racun yang ada dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine serta keringat. Hal ini tentunya tidak akan terjadi apabila tubuh kita mempunyai kendala kekurangan cairan. 

9. Membantu Menurunkan Berat Badan 
Sebuah penelitian menyatakan bahwa minum air putih sebelum makan dapat membantu keberhasilan program penurutan berat badan yang sedang anda jalani. 

10. Menjaga Kebugaran Tubuh 
Khasiat air putih tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Kita mungkin dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang air, karena air bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia. 


Demikianlah tips kesehatan yang mengulas dahsyatnya minum air putih. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua :))

Tidak ada komentar: