Kamis, 02 Februari 2012

Pengelolaan, Penimbunan, Pembakaran, dan Pendaurulangan Sampah

Apa Kabar..?? DAHSYAT! Oke salam dahsyat untuk kalian semua...Beri applause yang meriah untuk saya *cacat* . "SAMPAH" siapa yang sampah? *buset, kejam lu dy* bau banget kan yang namanya sampah? emang, itu kalau disuruh sama ortu saya buangin sampah dari dapur, behh, bau banjet...Nahh, terus pas saya buang itu sampah, mau dikemanaiin tuh sampah selanjutnya? Biasanya sih suka ada yang lewat petugas khusus untuk mengambil sampah-sampah di sekitar komplek *biasa lah yang tiggal di perumahan mah*, nah terus di kemanain lagi tuh sampah? *di taruh di rumah anda? atau rumah saya?* yang pastinya di tempat penampungan sampah di daerah sekitar itu sendiri. Terus mau di apakan lagi tuh si sampah masyarakat sob? oke..


Pengelolaan sampah adalah pengumpulan, pengangkutan, pemrosesan, pendaurulangan, atau pembuangan dari material sampah. Pengelolaan sampah merupakan proses yang diperlukan dengan dua tujuan untuk mengubah sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomis atau mengolah sampah agar menjadi material yang tidak membahayakan bagi lingkungan hidup. Setelah sampah-sampah dikelola, kemudian di buang ke tempat pembuangan sampah. Biasanya sampah ditimbun di tempat penimbunan sampah.


Penimbunan ini biasanya dilakukan di tanah yang ditinggalkan, lubang bekas pertambangan, atau lubang-lubang dalam. Karakter desain dari penimbunan darat yang modern diantaranya adalah metode pengumpulan air sampah menggunakan bahan tanah liat atau pelapis plastik. Sampah biasanya dipadatkan untuk menambah kepadatan dan kestabilannya, dan ditutup untuk tidak menarik hama. Banyak penimbunan sampah mempunyai sistem pengekstrasi gas yang terpasang untuk mengambil gas yang terjadi. Gas yang terkumpul akan dialirkan keluar dari tempat penimbunan dan dibakar di menara pembakaran atau dibakar di mesin berbahan bakar gas untuk membangkitkan listrik

Selain pengelolaan sampah dan penimbunan sampah, ada pula pembakaran atau pengkeremasian sampah. Pengkeremasian dilakukan oleh perorangan atau oleh industri dalam skala besar. Hal ini bisa dilakukan untuk sampah padat, cair, maupun gas. Pengkeremasian dikenal sabagai cara yang praktis untuk membuang beberapa jenis sampah berbahaya, contohnya sampah medis (sampah biologis). Pengkremasian adalah metode yang kontroversial karena menghasilan polusi udara. dan yang terakhir adalah daur ulang. Metode ini yaitu menumpulkan dan menggunakan kembali sampah yang dibuang, contohnya botol bekas pakai yang dikumpulkan kembali untuk digunakan kembali untuk digunakan kembali. Pengumpulan bisa dilakukan dari sampah yang sudah dipisahkan dari awal.


Salam SUKSES! DAHSYAT! Yes, yes, mantap!

Tidak ada komentar: